Kamis, 26 Februari 2009

Siapakah Ronal Sihalaho ?

Siapakah Ronal Sihalaho ?

Meski telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Illegal Logging ternyata masih banyak masyarakat Kerinci yang tidak mengenal siapa sebenarnya Beslei Sihalaho(Pak Ronal), merekapun bertanya, siapakan B Sihalaho yang mulai terkenal di Kerinci tersebut.
Imformasi yang didapat Radar Kerinci dari sejumlah kalangan, Beslei merupakan warga Medan perantauan yang datang ke Kerinci. Meski salah satu anggota badannya tidak sempurna, ternyata Beslei bisa berjaya di Kerinci. Itu diduga hasil kerja kerasnya selama ini. Fosturnya juga tinggi, diperkirakan mencapai 175 cm.
Salah satu warga Medan di Kerinci yang tidak ingin namanya ditulis, juga mengakui pernah ribut dengan Beslei. Bahkan perselisihan diantara mereka tersebut harus diselesaikan melalui pihak gereja. Akhirnya perselisihan tersebut bisa terselesaikan.
Tampa ada yang mengetahui, Beslei ternyata cukup dikenal luas. Baik di kalangan pemerintahan maupun dikalangan penegak hukum. Bahkan kekuatan dirinya juga disebut-sebut pernah dipakai semua cabup yang ada di Kerinci. Isunya dia juga ikut nimbrung membantu dana kampanye cabup yang bertarung beberapa waktu lalu hingga miliaran rupiah.
Dia juga diisukan memiliki orang yang sangat kuat di kalangan penegak hukum, sehingga kasusnya kadang kala tidak jelas ujung pangkalnya.
Kalau dikonfirmasi masalah pemberitaan oleh sejumlah jurnalis, Beslei pasti akan menjawabnya tidak mau ambil pusing.”Tidak mau ambil pusing lah saya,”katanya dengan dilek Sumatra Utara kental.
Bisnis yang digelutinya juga tidak ada yang tahu pasti, namun hasil penulusuran Radar Kerinci, dia disebut-sebut sebagai rentenir. Operasi kekuasaannya meliputi Kabupaten Kerinci, dan yang terdepannya di Kecamatan Batang Merangin. Disini usahanya dikenal cukup menjanjikan. Kredit yang diberikannya kepada masyarakat bisa ditarik bunganya. Tidak mau hanya menjadi rentenir, dia juga diduga bisnis kayu, yang kuat dugaan tidak memiliki dokumen sah. Bahkan berkat usaha rentenirnya tersebut, dia pernah diprotes kalangan DPRD Kerinci, sebab, menyalahi Peraturan Daerah(perda) Kabupaten Kerinci. Namun, usahanya tersebut tetap berlanjut tampa ada tekanan sama sekali.
Sihaloho ternyata juga lihai, makin banyak parpol membuat dirinya mudah memilih. Akhirnya dia bergabung ke salah satu partai Barisan Nasional(Bernas). Sampai saat ini, tidak diketahui apa posisinya di Bernas. Namun, sejumlah caleg di Kerinci mulai takut kepadanya. Selain memiliki dana kampanye yang cukup banyak, dia juga memiliki massa yang disebut-sebut mencapai ribuan orang. Kuat dugaan intrik politik selalu dipergunakan sejumlah orang dalam menjatuhkannya.
Tidak hanya itu, Sikap Sihalaho juga seperti dua sisi mata pisau, lembut pada semua orang namun akan melawan juga disudutkan. Dia juga sering terlihat jogging di sekitar Kota Sungaipenuh di saat pagi hari, gayanya yang santai membuat dia dikenal. Kata orang yang pernah melihatnya, kalau ketemu di jalan dia pasti akan menyapanya.
Tidak hanya memiliki bisnis di Kerinci, dia juga diisukan memiliki rumah di Medan dengan halaman yang cukup luas dan besar. Ditaksir harganya mencapai 5 miliar lebih, bahkan bisnis lainnya yang diisukan miliknya juga banyak berada di Medan.(aji)
puri kerinci.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar